Mengenal Informasi Seputar kehamilan kembar

Jika memiliki gejala kehamilan yang sangat dini dan nyata seperti mual atau muntah, mungkin bertanya-tanya apakah Anda memiliki anak kembar. Anda mungkin juga curiga memiliki anak kembar jika menjalani perawatan kesuburan – terutama jika memiliki lebih dari satu embrio yang ditransfer, atau jika menggunakan obat kesuburan tertentu untuk membantu hamil. Satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah memiliki anak kembar atau kelipatan lainnya adalah dengan melakukan pemindaian ultrasound.

Waktu terbaik untuk melakukan ultrasound ini adalah pada kehamilan 10-12 minggu. Ini biasanya ketika profesional kesehatan dapat mengatakan dengan pasti berapa banyak janin, plasenta, dan kantung ketuban yang ada. Informasi ini dapat memberi tahu apakah Anda memiliki saudara kembar identik atau saudara. Dan informasi itu juga membantu profesional kesehatan merekomendasikan perawatan kehamilan yang tepat untuk Anda. Anda tidak bisa mengandalkan tes hormon untuk mengetahui apakah hamil kembar.

Hamil dengan kembar: perawatan antenatal dan pilihan kelahiran

Karena kehamilan kembar bisa lebih rumit daripada kehamilan tunggal, profesional kesehatan biasanya merekomendasikan perawatan antenatal spesialis, daripada perawatan bersama atau perawatan bidan saja. Jika Anda memiliki komplikasi, pemeriksaan spesialis dapat mengambilnya lebih awal, yang berarti dapat diobati lebih awal.

Anda mungkin disarankan untuk menemui dokter kandungan. Dokter kandungan ahli dan berpengalaman dalam menyediakan perawatan antenatal untuk kehamilan kembar. Juga, para profesional kesehatan biasanya akan merekomendasikan Anda melahirkan di rumah sakit, bukan di pusat kelahiran atau di rumah. Rumah sakit memiliki fasilitas yang diperlukan untuk menangani komplikasi kehamilan kembar, seperti kelahiran prematur.

READ  Peran Dokter Umum dan Kemampuan yang Dimilikinya dalam Penanganan Medis

Tes, pemeriksaan dan janji temu selama kehamilan kembar

Jika mengandung anak kembar, Anda akan membutuhkan tingkat perawatan yang lebih tinggi, yang berarti lebih banyak janji dan tes selama kehamilan. Anda mungkin tidak membutuhkan banyak tes darah tambahan, tetapi Anda akan membutuhkan lebih banyak ultrasound.

Jika Anda memiliki bayi kembar dengan plasenta yang terpisah, umumnya disarankan agar Anda menjalani ultrasonografi pada 12-13 minggu, 20 minggu, dan kemudian setiap empat minggu hingga bayi Anda lahir. Anda mungkin memiliki ultrasonik yang lebih sering daripada ini. Kehamilan kembar dengan bayi yang berbagi satu plasenta mungkin lebih rumit, sehingga umumnya disarankan untuk melakukan ultrasonografi setiap dua minggu dari 12 minggu.

Jika Anda mengandung anak kembar, Anda akan memiliki lebih banyak janji antenatal. Janji temu antenatal adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan dukungan kesehatan dan gaya hidup jika Anda membutuhkannya. Anda juga dapat memperoleh informasi tentang kehamilan, persalinan, kelahiran, dan pengasuhan anak sejak dini.

READ  Pantangan asam urat

Potensi komplikasi kesehatan pada kehamilan kembar

Wanita dengan kehamilan kembar lebih cenderung memiliki masalah kesehatan kehamilan dan komplikasi seperti diabetes kehamilan, pre-eklampsia, persalinan prematur dan perdarahan. Anak kembar yang berbagi plasenta mungkin memiliki komplikasi tambahan. Terkadang suplai darah mereka dibagi secara tidak merata, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi kedua kembar. Atau jika plasenta itu sendiri dibagi secara tidak merata, ini bisa berarti bahwa satu kembar tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan tidak tumbuh juga.

Anda tidak dapat menghentikan beberapa komplikasi ini terjadi. Tetapi Anda dapat mengurangi risiko terkena – atau menghentikannya memburuk – dengan pergi ke pertemuan antenatal Anda dan memberi tahu dokter kandungan, dokter, atau bidan jika Anda memiliki gejala fisik atau Anda merasa ada sesuatu yang salah.

Gejala kehamilan kembar dan perubahan tubuh

Banyak wanita yang mengharapkan anak kembar mendapati bahwa mereka memiliki gejala kehamilan yang cukup mencolok dan sangat awal, termasuk kelelahan, naik turunnya emosi, mual, muntah dan sembelit. Juga, perubahan tubuh dengan kehamilan kembar jauh lebih jelas daripada dengan kehamilan tunggal.

READ  Manfaatkan Cara Alami Ini Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Jika Anda mengandung anak kembar, mungkin mendapatkan 16-20 kg (dibandingkan dengan 10-15 kg dengan kehamilan tunggal). Sayangnya, stretch mark, kembung, varises, dan wasir lebih sering terjadi pada kehamilan kembar. Perubahan ini mungkin memengaruhi perasaan tentang tubuh. Anda dapat berbicara dengan dokter atau bidan tentang perubahan dalam tubuh Anda dan bagaimana perasaan Anda tentang perubahan ini.

Makan sehat dan kehamilan kembar

Makan sehat dalam kehamilan adalah tentang diet sehat, seimbang, penuh vitamin dan mineral. Saat Anda hamil kembar, dokter atau bida mungkin merekomendasikan untuk mendapatkan nasihat ahli tentang asupan protein, karbohidrat, folat, zat besi, kalsium, yodium, lemak, dan nutrisi keseluruhan. Ahli diet memiliki kualifikasi dan keterampilan untuk memberi nutrisi ahli dan saran diet.

Akankah anak kembar Anda lahir lebih awal?

Profesional kesehatan biasanya bertujuan untuk melahirkan bayi kembar pada usia 37-38 minggu kecuali jika masalah berkembang lebih awal atau ada alasan yang baik untuk menunda kelahiran. Sekitar 60% kembar lahir sebelum 37 minggu, sedangkan bayi lajang lahir sekitar 40 minggu. Jika tahu anak kembar akan lahir lebih awal, Anda bisa bersiap-siap untuk kelahiran prematur.

Sumber

https://www.pregnancybirthbaby.org.au

sumber gambar

Tips Kesehatan dan Informasi Seputar Penyakit Terlengkap