Mendalami Informasi Seputar Hamil Trimester Ketiga

Perut Anda mungkin dua pertiga dari perjalanan ke sana, tetapi bayi masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Berikut ini lebih lanjut tentang apa yang diharapkan pada trimester ketiga kehamilan. Mungkin terasa seolah-olah perut tidak bisa membesar, tetapi tidak ada keraguan tentang hal itu – perut akan semakin besar selama trimester ketiga kehamilan. Jauh lebih besar. Inilah yang diharapkan dari tubuh dan bayi yang cepat matang dalam beberapa minggu terakhir ini.

Kapan trimester ketiga dimulai?

Trimester ketiga dimulai pada minggu ke 28 kehamilan dan berlangsung sampai Anda melahirkan, yang mungkin sekitar minggu ke-40 kehamilan. Dengan kata lain, trimester ketiga Anda berlangsung dari bulan 7 sampai bulan 9 kehamilan. Namun, kemungkinan persalinan akan dimulai beberapa minggu lebih awal atau lebih lambat – pada kenyataannya, sekitar 30 persen dari semua bayi bertahan melewati tanda 40 minggu. Jika itu masalahnya, Anda dapat mencoba beberapa trik untuk secara alami menginduksi persalinan sendiri, tetapi begitu Anda mencapai minggu ke-42 kehamilan, Anda akan secara resmi dianggap terlambat, pada titik mana dokter Anda akan menginduksi persalinan jika tidak dimulai. dengan dirinya sendiri. Sementara itu, bertahanlah di sana! Anda hampir mencapai garis finish.

Pertumbuhan bayi selama trimester ketiga

Si kecil Anda akan menjadi jauh lebih besar di trimester ketiga, tumbuh dari sekitar 2 ½ pon dan 16 inci panjang di minggu 28 kehamilan menjadi antara 6 dan 9 pon dan 19 hingga 22 inci panjang di minggu 40. Memang, Anda bayi tumbuh cepat – jadi jangan heran jika ukurannya bertambah (bersama dengan penurunan ruang hidup) menyebabkan beberapa tendangan dan colekan serius di usus Anda. Berikut adalah beberapa hal penting yang terjadi pada trimester ketiga kehamilan Anda:

READ  Menganal Penyakit Ambiguous Genitalia

Tulang: Saat bayi Anda mengubah tulang rawan menjadi tulang dalam bulan 7 dan 8, ia akan mendapatkan semua kalsiumnya dari Anda – jadi pastikan untuk makan banyak makanan kaya kalsium.

Rambut, kulit, dan kuku: Pada minggu ke 32 kehamilan, kulit bayi yang sebelumnya tembus pandang akan menjadi buram. Pada minggu ke-36, lemak terus menumpuk saat bayi Anda melepaskan vernix-nya (zat lilin yang melindungi kulitnya dari cairan ketuban Anda) dan lanugo (mantel berbulu yang membuatnya hangat di sana).

Sistem pencernaan: Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, meconium – atau kotoran bayi pertama, yang sebagian besar terdiri dari sel darah, vernix dan lanugo – mulai menumpuk di usus bayi.

Panca indera: Reseptor sentuhan bayi Anda akan berkembang sepenuhnya sekitar minggu ke-29 atau minggu ke-30. Pada minggu ke-31 kehamilan, bayi Anda akan mendapatkan sinyal dari kelima indera, merasakan terang dan gelap, mencicipi apa yang Anda makan, dan mendengarkan suara suara mu.

READ  Mengenal Kehamilan Luar Rahim Lebih Mendalam

Otak: Pada trimester ketiga otak bayi Anda akan tumbuh lebih cepat dari sebelumnya, mengetes beberapa keterampilan bagus termasuk berkedip, bermimpi dan mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Sekitar minggu ke 34 kehamilan, tubuh bayi berputar ke arah selatan, duduk dalam posisi kepala-bawah, dari bawah ke atas – kecuali, tentu saja, bayi Anda tetap keras kepala dalam posisi sungsang (dalam hal ini dokter Anda kemungkinan akan berusaha mengubah bayi secara manual di sekitar minggu 37).

Perubahan dalam tubuh Anda

Dengan bayi yang sibuk di dalam perut Anda, Anda mungkin merasakan banyak aktivitas janin. Anda juga mungkin mengalami perubahan pada tubuh Anda saat benjolan Anda semakin besar, termasuk:

Nyeri perut: Saat ligamen bundar Anda (yang menopang perut bagian bawah) meregang untuk mengakomodasi benjolan Anda yang tumbuh, Anda mungkin merasakan kram atau nyeri yang tajam. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan selain santai saja.

Kelelahan: Anda akan merasa lebih tersengal-sengal pada trimester ini karena tuntutan kehamilan adalah pada tubuh Anda, jadi makanlah dengan baik dan sering, tetap aktif dan menyelesaikan masalah tidur kehamilan.

Mulas: Dalam beberapa minggu terakhir kehamilan, rahim Anda akan mendorong perut dan isinya ke atas, menyebabkan luka bakar yang menetap. Jika itu benar-benar mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang inhibitor pompa proton (PPI) atau H2 blocker, yang aman digunakan selama kehamilan.

READ  Kenali Penyebab Eklampsia dan Fakta Penting di Baliknya

Kontraksi Braxton Hicks: Cara tubuh Anda mempersiapkan persalinan, Anda akan mulai merasakan kontraksi praktik tidak teratur ini sekarang hingga persalinan sesungguhnya dimulai.

Varises: Anda mungkin melihat urat yang menonjol ini (termasuk wasir, yang sebenarnya merupakan jenis varises) di tubuh bagian bawah Anda karena semua darah ekstra yang Anda pompakan. Berita baiknya: Jika Anda tidak memilikinya sebelum kehamilan, kemungkinan besar mereka akan hilang setelah Anda melahirkan.

Stretch mark: Air mata kecil ini, yang muncul di kulit yang melebar hingga batas selama kehamilan, biasanya merupakan hasil dari genetika. Melembabkan untuk meminimalkan penampilan mereka.

Sakit punggung: Saat hormon kehamilan relaks melonggarkan persendian Anda dan perut Anda yang semakin besar menarik pusat gravitasi Anda ke depan, Anda mungkin mulai mengalami sakit punggung – alasan lain untuk mengangkat kaki, secara harfiah. (Tajam, menembak rasa sakit dari punggung Anda ke kaki Anda, di sisi lain, mungkin merupakan tanda linu panggul.)

Mimpi gila: Berkat hormon kehamilan, impian Anda mungkin lebih jelas dari sebelumnya saat Anda mendekati tanggal jatuh tempo.

Sumber

https://www.whattoexpect.com

sumber gambar

https://janethes.com