Bagaimana Cara Mengobati Ambiguous Genitalia?

Sumber: halodoc.com

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengobati ambiguous genitalia, kamu perlu tahu penyakit jenis apakah itu. Sebenarnya, ambiguous genitalia bukanlah sebuah penyakit. Namun, sebuah kelainan pada kelamin bayi di mana sulit menentukan jenis kelaminnya antara laki-laki atau perempuan. Menurut alodokter.com disorder of sex developmet (DSD) atau ambiguous genitalia adalah suatu kelainan perkembangan seksual yang jarang terjadi. Ini adalah kondisi di mana kelamin bayi menjadi tidak jelas, yaitu apakah dia laki-laki atau perempuan. Pada bayi yang mengalami kondisi ini, alat kelamin tidak berbentuk sempurna sehingga bayi dapat memiliki tanda kelamin laki-laki dan perempuaan. Dilansir dari klikdokter.com ambiguos genitalia merupakan salah satu kondisi langka di mana genitalia dari bayi tidak dapat ditentukan secara jelas. Pada bayi dengan penyakit ini, kelamin tidak dapat berkembang dengan sempurnya atau dapat memiliki karakteristik dari kedua jenis kelamin. Ini juga dapat terjadi ketidaksesuaian antara organ seksual eksternal dan organ seksual internal atau status seksual secara genetik.

READ  Kenali Penyebab Eklampsia dan Fakta Penting di Baliknya

Lalu bagaimana cara mengobati ambiguous genitalia? Menurut klikdokter.com setelah sampai pada kesepakatan terkait dengan jenis kelamin bayi, penanganan dari kelainan ini dapat ditentukan. Tujuan dari penanganan adalah kesejahteraan psikologis dan sosial dari bayi, serta untuk menunjang semaksimal mungkin fungsi seksual dan fertilitas di masa depan. Pengobatan hormonal dapat membantu untuk mengoreksi atau mengomprensasi adanya ketidakseimbangan hormonal. Pada bayi dengan struktur genetik wanita dan memiliki klitoris yang membesar disebabkan oleh adanya hiperplasia adrenal kongenital derajat ringan hingga sedang. Pada anak dengan kelainan ini, pembedahan dapat dilakukan untuk perubahan bentuk genitalia menjadi lebih tipikal dan melindungi fungsi seksual yang normal. selain itu, menurut alodokter.com pengobatan pada bayi dilakukan untuk menjaga interaksi sosial anak di masyarakat ketika dia tumbuh nanti dan menjaga kondisi psikologi anak. Pembedahan orang kelamin bayi umumnya dilakukan sebagai metode pengobatan bayi yang menderita kelainan ini. dikarenakan kelaian perkembangan seksual ini cukup langka, seringkali pembedahan dilakukan dengan melibatkan dokter dari bidang spesialisasi.

READ  Mengenal Kehamilan Luar Rahim Lebih Mendalam

Dilansir dari alodokter.com cara mengobati ambiguous genitalia lainnya adalah dengan terapi hormon. Ini dapat dilakukan jika kelainan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan tetap berlangsung pada saat bayi tumbuh. Bayi dapat diberikan terapi hormon untuk menyeimbangkan hormon reproduksi. Pemberian hormon juga dapat dilakukan pada masa pubertas. Dokter juga dapat menyarankan konsultasi psikologis anak agar kondisi psikis dan perkembangan mental anak dengan kelainan perkembangan seksual tetap terjaga. Orang tua juga dapat mengarahkan anaknya sebagai laki-laki atau perempuan hingga jenis kelamin anak dapat ditentukan dengan pasti.

Lalu apa saja gejalanya? Gejala ini perlu kamu ketahui agar tahu cara mengobati ambiguous genitalia dengan tepat. Menurut klikdokter.com kelainan ini dapat dicurigai sebelum kelahiran saat dilakukan pemeriksaan penunjang tertentu. Karakteristik dari kondisi ini dapat memiliki derajat keparahan yang bervariasi, tergantung pada tahap manakah selama perkembangan genitalia masalah mulai timbul serta penyebab dari kelainan tersebut.  Dilansir dari halodoc.com gejala dari ambiguous genitalia adalah benjolan yang terapa seperti testis pada labia yang menutupi alat kelamin perempuan, klitoris yang membesar dan dapat menyerupai penis. Sedangkan pada bayi laki-laki gejalanya adalah skrotum yang tidak disertai testis dengan bentuk menyerupai labia dengan atau tanpa adanya mikropenis atau penis yang berukuran sangat kecil, ukuran penis yang sangat kecil dengan ujung uretra mendekati skrotum dan uretra tidak terbentuk hingga ujung penis atau hipospadia.

READ  Mendalami Informasi Seputar Hamil Trimester Ketiga